Visi dan Misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

Visi Pemerintah Provinsi Maluku Utara pada Tahun 2014-2019 adalah : "Maluku Utara CINTA 2019". Visi tersebut menjadi arah pembangunan 5 (lima) tahun ke depan menuju kondisi ideal yang diinginkan. Sesuai dengan visi tersebut maka Misi Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk periode 2014-2019, dijabarkan sebagaimana akronim kata Cerdas, Indah, Nikmat, Taqwa dan Aman sebagai berikut :

  • Membangun Masyarakat Maluku Utara yang memiliki kualitas hidup baik untuk dapat bekerja secara mandiri (Misi Cerdas).
  • Mendorong pertumbuhan, stabilitas dan pendistribusian pembangunan ekonomi secara adil dan merata serta peningkatan nilai tambah produksi melalui pemanfaatan sumber daya alam (SDA) secara berkelanjutan (Misi Indah).
  • Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk menunjang pengembangan ekonomi wilayah (Misi Nikmat).
  • Membangun kehidupan beragama dan berbudaya yang menjadi inspirasi bagi kebangkitan di seluruh sektor kehidupan masyarakat Maluku Utara (Misi Taqwa).
  • Memperbaiki Tatakelola Pemerintahan Maluku Utara untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, melayani dan berwibawa (Misi Aman).

Visi BAPPEDA

Dengan memperhatikan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Maluku Utara, maka Visi Bappeda Provinsi Maluku Utara juga diinspirasi oleh akronim CINTA dalam visi provinsi namun memiliki makna yang berbeda sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Bappeda, dirumuskan sebagai berikut :

VISI : " Perencanaan Pembangunan CINTA 2019"
Terinspirasi pada visi Provinsi, Cinta dalam perencanaan pembangunan juga merupakan akronim dari kata : Cermat, Integritas, Nyata, Tanggap dan Akuntabel, yaitu merupakan suatu keadaan yang ingin dicapai dalam proses perencanaan pembangunan dalam mendukung terwujudnya visi provinsi. Rangkaian kata-kata dimaksud sesuai pengertian dan makna yang terkandung didalammnya diuraikan sebagai berikut :

  • Cermat dalam pengertiannya berarti seksama, teliti, atau melakukan sesuatu dengan sepenuh hati, yang dimaknai bahwa perencanaan pembangunan yang cermat dilakukan oleh sumberdaya perencana yang handal yang melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya dengan sepenuh hati dan berorientasi pada hasil.
  • Integritas dalam pengertianya berkaitan dengan mutu, kwalitas, sifat atau keadaan yang menunjukan kesatuan yang utuh dan memiliki potensi memancarkan kewibawaan. Integritas dimaknai, bahwa perencanaan pembangunan melahirkan produk yang berkualitas (realistis dan tepat sasaran sesuai kebutuhan), utuh (antar dokumen dan tingkatan dokumen), berkelanjutan (antar waktu) dan dapat dipedomani oleh pihak terkait dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat.
  • Nyata dalam pengertiannya berarti terang, kelihatan, jelas, menjelaskan, pernyataan, kongkrit dan berwujud yang selanjutnya dimaknai bahwa perencanaan pembangunan dilaksanakan dengan jelas, saling menjelaskan, terkoordinasi, dan secara nyata dilaksanakan oleh semua pihak yang berkepentingan, baik internal organisasi, horisonatal maupun vertikal.
  • Tanggap: dalam pengertiannya berarti mencamkan, melihat baik-baik, mendengar dan merasai, menyerap, reaksi, sambutan terhadap kritik atau komentar, yang dimaknai bahwa perencanaan pembangunan dilaksanakan seacara tanggap terhadap waktu pelaksanaan, terkendali serta tanggap melakukan evaluasi secara tepat terhadap informasi yang mempengaruhi.
  • Akuntabel dalam pengertiannya bararti bertanggungjawab atau tertanggungjawab yang dimaknai bahwa perencanaan pembangunan dilaksanakan dengan tertib, dapat dipertanggungkawabkan, transparan dengan dukungan sarana prasarana yang memadai.


Misi Bappeda

Ada 5 (lima) misi yang harus dilaksanakan dalam rangka pencapaian Visi Bappeda 2014-2019, yakni:

Misi 1 : Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumberdaya aparatur perencana, (misi Cermat).
Misi 2 : Menyusun dokumen perencanaan yang terintegrasi, utuh dan berkelanjutan, (misi Integritas).
Misi 3 : Meningkatkan koordinasi, sinkronisasi, integrasi, dan sinergi internal, horisontal dan vertikal, (misi Nyata).
Misi 4 : Meningkatkan pengendalian dan evaluasi yang didukung dengan data, informasi dan kajian yang akurat, (misi Tanggap).
Misi 5 : Meningkakan kapasitas kelembagaan didukung sarana prasarana, tertib administrasi dan akuntabel (misi Akuntabel).

Tujuan Bappeda

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan visi dan misi sehingga rumusannya harus dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang. Oleh karenanya, tujuan sebagai hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun. Adapun tujuan Bappeda adalah sebagai berikut :

  • Meningkatnya kapasitas dan kapabilitas sumberdaya aparatur perencana.
  • Tersedianya dokumen perencanaan pembangunan yang terintegrasi, utuh dan berkelanjutan.
  • Meningkatnya koordinasi, sinkronisasi, integrasi, dan sinergi internal, horisontal dan vertikal.
  • Meningkatnya pengendalian dan evaluasi didukung kualitas data, informasi, dan kajian yang akurat.
  • Meningkatnya kapasitas kelembagaan, sarana prasarana, tertib administrasi dan akuntabel.

Video

Agenda

  • 16
    Jul-2016

    Rakor Pelaksanaan, Tempat Ruang Rapat Lantai 2

    10:00 - Kantor Dikjar
  • 30
    Jul-2016

    Rapat Koordinasi Pengawasan

    12.00 - Kantor Dikjar